Friday, 13 March 2015

Bakpia Basah Isi Kacang Merah


Jam 11 an Jum'at siang, di parkiran sekolah aku sedang menunggu Iban dan Erin. Tiba-tiba, Rachel (yang seharusnya pulang setelah Jum'atan) mengetuk jendela. Setelah kubuka, dia berkata, 'Mama, aku lapar'... Ha?... 'Bekal empat pia tadi memang kurang ya Kak?' tanyaku. 'Aku cuma makan satu Ma, yang tiga diminta teman-temanku. Mereka suka pia bikinan Mama'.... Lah...

Pagi itu, Iban request pengen bawa roti untuk bekalnya. 'Yah...mana sempat Ban, sekarang sudah jam setengah lima?" Jawabku. 'Ayolah Ma...' Aku pun jadi ingat resep bakpia basahnya mba diah didi yang sampai sekarang belum sempet-sempet juga dicoba. Sepertinya bisa nih, kan mirip-mirip tuh bakpia basah dengan roti. Mudah-mudahan Iban suka.

Bismillah...singsingkan lengan baju...


Kebetulan bahan-bahannya tersedia semua. Ada juga kacang merah rebus dan kelapa parut di kulkas, bisa dijadikan isian. Adonan bakpia basah ini mudah dan cepat sekali kalis, tidak seheboh bikin roti deh. Setelah kalis, adonan langsung kubagi-bagi dan bulatkan dulu baru di proofing. Dan, ternyata cuma jadi 16 buah X @ 25 gr, dan sisa 1 buah yang kurang dari 25 gr. 

Alhamdulillah, jam 6.15 bakpia basah isi kacang merah pun matang, fresh from the oven. Langsung masuk ke 4 kotak bekal anak-anak, siap dibawa ke sekolah. Jadi, masing-masing anak hanya bisa bawa 4 buah. Habis. Tidak ada sisa untuk dicemal-cemil, 'Yah...' Protes mereka rame-rame...Hehe, maaf ya nak, lain kali harus bikin 2 resep nih...

Walaupun saya persingkat waktu proofingnya, ternyata bakpia ini mengembang dengan baik. Empuk, enak banget, pas semua. Terbukti anak-anakku dan teman-temannya suka...thanks ya mba Diah Didi...

Karena anak-anak harus segera berangkat sekolah, jadi ga bisa bikin foto yang layak nih. Maaf ya teman-teman...hanya sempet nyuri-nyuri jepret sambil dimakan. Ga papa lah ya, yang penting terdokumentasi...


Bakpia Basah:

Bahan:
250 gr terigu protein sedang
2 sdm gula pasir
1/2 sdm (1 1/2 sdt) ragi instan
125 ml air hangat
1/2 sdt garam
35 gr margarin


Cara Membuat:

  • Aduk semua bahan kecuali margarine dan garam. Uleni hingga rata.
  • Masukkan margarin dan garam. Uleni hingga kalis. Tutup dengan kain, diamkan 45 menit. 
  • Kempiskan adonan. Bagi adonan @ 30 gr. Bulatkan. 
  • Diamkan lagi 30 menit. Tipiskan. Masukkan isi. Bentuk bulat pipih.
  • Panggang dalam oven 10 menit. Balik, panggang lagi 5 menit. 

Catatan:

Karena keterbatasan waktu, setelah kalis, adonan langsung kubagi @25 gr. Bulatkan. Tata di loyang yang beroles minyak. Tutupi dengan serbet. Baru deh, diproofing selama 30 menit. Kempiskan. Isi dengan isian. Bulatkan lagi. Kembalikan ke loyang. Tutupi dan diamkan lagi 15 menit. Pipihkan sedikit sebelum dipanggang di oven.


Bakpia Basah

Ingredient:
250 gr all purpose flour
2 tbs sugar
1/2 tbs (1 1/2 tsp) instant yeast
125 ml warm water
1/2 sdt salt
35 gr margarine


Methods:

  • Combine all ingredients except margarine and salt. 
  • Add in margarine and salt. Knead until elastic. Cover with tea towel, Let it rest for 45 minutes. 
  • Punch the dough. Divide the dough @ 30 gr. Roll it into a ball shape. 
  • Let it rise again for 30 minutes. Flatten it and fill with teh filling. Round it and flatten it a bit.
  • Bake in the preheated oven for 10 minutes. Turn it over, bake again for 5 minutes. 

What I did:

When the dough is elastic, I directly divided it into 16 X @25 gr, with 1 X less than 25 gr. I rolled it into a ball, put them on a greased baking sheet, covered it with tea towel and let them rise for 30 minutes. After that, I took i dough, flattened it and fill it with filling, rolled it again.  Put them back on the baking sheet and let them rise again for 15 minutes. I Flatten it a bit just before baking.