Wednesday, 7 December 2011

Almond Custard Bread

Aku penggemar roti...makanya begitu sungkaya bread tayang di pawonike rasanya tangan ini udah gatel aja pengen ikutan bikin ... :) Dan akhirnya hari minggu kemarin kesampaian juga, hanya isian srikayanya aku ganti dengan custard yang ditambah almond meal... Proses bikinnya agak lebih panjang dari roti biasa karena ada si biang ketan, tapi oke lah ... untuk hasil roti yang demikian lembut...


Pertama, buat biang ketan,
50 gr tepung ketan
50 ml air mendidih
Seduh tepung ketan dengan air mendidih, aduk sampai tercampur kental dan kalis. Sisihkan.


Setelah itu bikin adonan rotinya, karena sedang tidak punya susu bubuk saya ganti air es dengan susu cair, bahan lainnya sama persis dengan resep di pawonike, hanya urutannya aku sesuaikan dengan urutan bahan masuk ke breadmaker.
200 ml air es (aku pakai susu cair)
2 btr telur
100 gr butter
1 sdt garam
100 gr gula pasir
biang ketan
15 gr susu bubuk (aku tidak pake)
500 gr bread flour
11 gr ragi instant
1/8 st bread improver (aku tidak pake)


Masukkan bahan-bahan sesuai urutan di atas ke dalam breadmaker. Pilih menu dough dan tunggu hingga bunyi bip. Untuk instruksi pembuatan menggunakan tangan boleh liat di pawonike ya. 




Sambil menunggu kita bikin isian almond custardnya,
200 ml susu
2 kuning telur
50 gr gula
20 gr terigu
vanilla
10 gr mentega
Saya tambahkan 1 sdm almond meal


Kocok kuning telur dengan 25 gr gula hingga kental dan pucat. Tambahkan terigu dan almond meal. Aduk hingga rata. Sisihkan.
Panaskan susu dengan sisa gula hingga hampir mendidih. Angkat lalu tuang ke telur, aduk rata.
Lap panci untuk merebus susu tadi. Saring adonan ke dalam panci. Aduk di atas api kecil hingga mengental. Tambahkan vanilla dan mentega. Aduk hingga tercampur rata. Angkat dan dinginkan.




Setelah adonan roti siap, pindahkan adonan ke tempat yang ditaburi tepung. Kempiskan adonan. Potong-potong dan timbang masing-masing 40 gr. Bulatkan. Ambil 1 bulatan, gilas , beri isian custard di tengahnya. Lipat hingga membentuk setengah lingkaran. Buat irisan kecil-kecil di bagian yang melingkar. Letakkan di loyang yang di alasi baking paper, tutupi dengan tea towel dan diamkan 40 - 50 menit atau sampai mengembang 2 kali lipat. Olesi roti dengan kuning telur. Panggang hingga kuning keemasan. Gambar dan petunjuk lebih jelasnya bisa dilihat di home-baking ya.


source: http://pawonike.blogspot.com/2011/12/sungkaya-bread.html
             http://home-baking.net/english/bread/custard-cream-bread.php