Saturday, 3 December 2011

Tauto Ayam Pekalongan

Sebagai orang Pekalongan tentu dong aku suka sekali makan tauto...soto khas Pekalongan yang berbahan dasar daging dan jerohan kerbau atau ayam dan dimasak dengan tauco...dimakan dengan lontong dan tempe/tahu goreng...hmmm, enaaak banget...tapi seumur hidup aku belum pernah tuh masak tauto, biasanya beli aja, gampang...banyak warung tauto enak di Pekalongan... Karena di sini sudah tentu pasti susah cari yang jual tauto, maka satu-satunya cara ya bikin sendiri...ayo, kita coba masak tauto ayam ya...




Begini caraku...(tidak pake takaran ya, kira-kira saja... : D )


Untuk ayam
Bahan: Ayam, bawang putih, ketumbar, kunyit, laos, serai, garam.
Potong-potong ayam, sisihkan bagian ujung sayap untuk kaldu. Bumbui ayam seperti membuat ayam goreng, kalo aku pake bawang putih, ketumbar, kunyit, laos, serai, garam. Masukkan ayam dalam microwave, masak hingga ayam matang. Grill hingga ayam kering dan krispy. Kalo tidak ada microwave biasanya ayam diungkep hingga bumbu meresap lalu digoreng.


Untuk kuah:
Bahan: bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah, tauco, kecap, garam, merica.
Rebus sebentar cabe merah. Haluskan bersama bawang putih, bawang merah, dan kemiri. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan tauco dan kecap, aduk hingga tauco matang. Masukkan ujung sayap, beri air, rebus hingga ayam matang dan kuah mengental sedikit. Beri garam, merica dan daun bawang.


Pelengkap:
suun, rendam dalam air panas hingga lunak lalu tiriskan
daun bawang yang diiris tipis
bawang goreng
lontong atau nasi
sambal (cabe rawit direbus, dihaluskan, diberi kuah tauto sedikit, aduk)


Penyajian:
Letakkan suun dalam mangkok, beri suwiran ayam, taburi daun bawang dan bawang goreng, beri kuah.  Sajikan dengan lontong atau nasi, tahu atau tempe goreng, sambal, dan kerupuk.