Sunday 15 February 2015

Prol Ubi Kismis

Biasanya prol terbuat dari tape singkong. Saya pernah membuatnya di sini. Kali ini pengen coba yang versi ubi. Resep ini saya dapat dari tabloid koki edisi Juni 2012. Ubi yang saya pakai kali ini yang kulitnya berwarna merah dan dagingnya berwarna jingga.

Saya membuat prol ini dibantu anak-anak saya, Erin 7 th dan Alaina 3 th. Mereka yang menghaluskan ubi, mengocok telur, mengayak terigu, dan mengaduk adonan. Lalu, tugas saya apa? He he... hanya memberi instruksi dan membantu memasukkan adonan ke loyang lalu ke oven....

Mungkin karena terlalu lama dan kuat mereka mengaduk adonan, prol ini jadi mengembang dan retak-retak ketika dipanggang. Sehingga permukaannya tidak mulus rata. It's oke lah ya...yang penting mereka sudah bersenang-senang dan belajar mengenal dan menyukai ubi sebagai pangan lokal Indonesia.



Prol Ubi Kismis
Sumber: Tabloid koki
untuk 10 potong

Bahan:
500 gr Ubi, kupas dan kukus
125 gr Gula halus
3/4 sdt garam
3 telur, kocok lepas
50 gr tepung terigu
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
80 gr margarine, lelehkan
100gr kismis
1 sdm esens rum

Cara membuat:

  1. Campur kismis dan esens, diamkan selama 10 menit.
  2. Haluskan ubi dalam keadaan panas, tambahkan gula halus dan garam. Aduk rata.
  3. Masukkan telur, aduk rata.
  4. Tambahkan tepung terigu sambil diaduk rata. Tuang santan, aduk rata.
  5. Masukkan margarine dan kismis, aduk hingga tercampur rata.
  6. Tuang adonan dalam loyang ukuran 20x8x6 cm beralas kertas roti.
  7. Panggang dalam oven bersuhu 180C selama 35 menit hingga matang, angkat dan dinginkan. Keluarkan dari loyang dan lepaskan kertas roti. Potong-potong dan sajikan.


Catatan:

  • Karena saya tidak suka makanan yang terlalu manis, saya hanya menggunakan 75 gr gula pasir yang diblender hingga halus, rasa manisnya jadi sedang-sedang saja, akan terasa pas ketika ditambah manisnya kismis.
  • Saya tidak menggunakan esens rum, tapi langsung memasukkan kismis begitu saja ke adonan. 
  • Dengan menggunakan oven tangkring waktu panggang sekitar 1 jam.




Prol Ubi Kismis
by Koki Tabloid

Ingredients:
500 gr steamed sweet potato 
125 gr castor sugar ( I used only 75 gr)
3/4 tsp salt
3 eggs, lightly beaten
50 gr flour
150 ml coconut milk from 1/4 coconut grated
80 gr margarine, melted
100 gr raisins
1 tbs rum essence (I didn't use it)

Methods:
Soak raisins in rum, if using, for 10 minutes.
Mashed sweet potato. Mix in sugar and salt.
Add in eggs. Mix well.
Stir in flour. Pour in coconut milk. Mix well.
Pour in melted margarine and add in raisins. Give a last good stir.
Pour in greased and lined 20x8x6 baking pan. Bake in preheated oven 180C for 35 minutes until done (mine is almost 1 hour).



I am submitting this post to NCC Pangan Lokal Event hosted by NCC Indonesia. If you want to join please go to nccpanganlokal website.

No comments:

Post a Comment