Monday, 14 November 2011

Idul Adha 2011

     Saat aku masih kecil lebaran idul adha sama meyenangkannya dengan lebaran idul fitri. Walaupun tidak ada baju dan sepatu baru tapi ada sate dan gule kambing...seneeeeng banget...dulu kami punya beberapa kambing sendiri yang dititippeliharakan di kampung. Beberapa hari menjelang lebaran, Bapakku akan mengambilnya dan membawanya ke rumah untuk diqurbankan. Setelah kambing-kambing itu diikat pada pohon di belakang rumah, tugas kami lah, aku kakak adikku dan biasanya juga teman-teman kami, untuk memberi makan mereka. Kami beri mereka daun-daunan. Kadang kakakku membawa kambing-kambing itu ke tanah lapang dekat rumah untuk merumput.
     Pada hari raya, sepulang kami sholat ied di tanah lapang atau musholla di depan rumah, si kambing pun disembelih. Pestanya dimulai...setelah kambing dipotong-potong kami membantu ibu membagikannya ke tetangga sekitar rumah...ibuku akan memasak gule, kami membuat sate...menyunduk dan mengipas-ngipas sate sendiri....seruuuuu...walaupun akhirnya bau kambing dan asap jadi memenuhi seluruh rumah...kesukaan kami sate hati, ya hanya hati semua tanpa daging. Enak lho.
     Dua tahun belakangan ini aku merayakan lebaran di Perth, jauh dari keluarga. Biasanya kami sholat ied bersama masyarakat Indonesia di KJRI Perth. Lumayan lah bertemu teman-teman sesama masyarakat Indonesia, yang di sini jadi seperti keluarga juga. 
     Idul Adha ini lebaran terakhir kami di Perth sebelum kami boyongan pulang ke tanah air akhir tahun ini. Kami ingin merayakannya dengan cara yang berbeda. Tidak bersama KJRI tapi bersama masyarakat muslim Western Australia. Ya, DAWA atau Daawah Association of Western Australia menyelenggarakan Eid Salah in the Park. Tepatnya di Thomas Moore Park di Wilson, tidak begitu jauh dari rumah kami. Jamaahnya si tidak begitu banyak tapi dari berbagai bangsa...ya, aku bertemu muslim dari timur tengah, afrika, eropa timur, juga asia...jadi inget sedikit suasana di tanah suci, sholat bersama saudara muslim berbeda bangsa. seneeeng...
     Biar berasa lebaran aku masak kambing hari ini...ini dia: