Saturday, 5 November 2011

Onion Cheesy Bread


Penasaran dengan cheesy bread yang kubuat beberapa waktu yang lalu...rasanya enak, tapi crusty...pengen yang empuk...coba modifikasi ya dengan menambahkan 1 kuning telur...dan untuk variasi rasa tambahkan cincangan spring onion... hmmm...rasanya mantap banget...


Setelah dimodif jadi begini resepnya:
125 ml warm water
1 egg yolk
1/2 tsp honey
1 tbs finely chopped spring onion
80 gr grated cheddar cheese 
2 tbs grated permesan cheese 
1/2 tsp salt
300 gr bread flour 
1/2 sachet instant yeast


1 egg yolk, lightly beaten to decorate


Cara Membuat:
  • Aku bikin roti ini pake bread maker, masukkan aja bahan-bahan sesuai urutan ke bread maker dan pilih menu dough. Untuk cara bikin pake tangan mungkin sama seperti di cheesy bread ya. Tambahkan spring onion setelah keju. 
  • Kempiskan adonan, potong dan timbang 25 gr-an. Ambil 1 adonan, bulatkan. Pipihkan. Lipat bentuk segitiga. Lakukan untuk semua adonan. Tutup dengan tea towel. Istirahatkan kurang lebih 10 menit. 
  • Ambil 1 adonan, pipihkan dengan rolling pin. Gulung menuju ke sisi yang runcing. Tutup dengan tea towel. Istirahatkan kurang lebih 1/2 sampai 1 jam sampai mengembang 2 kali lipat.
  • Olesi dengan kuning telur, panggang sampai kuning keemasan.


Catatan:
Aku menggunakan tepung tipo 'oo' merk colavita yang bikinan Italy, sama seperti tepung yang biasa aku pake untuk bikin pizza base. Kalo mau pake bread flour biasa mungkin dimulai dari 250 gr dulu aja ya, sama seperti resep aslinya...tambahkan tepung lagi dikit-dikit kalo terlalu lembek... :)