Tuesday 1 November 2011

Cheesy Bread


Yang ini roti keju bukan roti isi keju...karena kejunya dimasukkan ke adonan roti...bagi yang suka keju dan roti yang ber-crust atau agak keras pinggirannya, seperti french bread gitu...resep ini cocok banget...anak-anakku suka...


150 ml warm water
1/2 tsp honey
60 gr grated cheddar cheese (aku menghabiskan stock 82 gr)
2 tbs grated permesan cheese (ga pake)
pinch of salt
1 tsp mustard powder (ga pake)
pinch of cayenne pepper (ga pake juga)
250 gr bread flour (aku tambah jadi 300 gr)
1/2 sachet instant yeast


To decorate:
1 egg, beaten
currants/sesame seeds/poppy seeds/grated cheddar cheese


How to make:
  • Sift the flour and salt into a mixing bowl. Stir in the yeast, honey, cayenne pepper and mustard (if using) and just enough water to form a soft dough.
  • Transfer to a floured surface and knead lightly for about 5 minutes to make a smooth, pliable dough. Gradually knead the grated cheeses into the dough. Jika menggunakan bread machine, masukkan saja bahan2 sesuai urutan. Gunakan menu dough.
  • Shape the dough into animal figures. Di buku tidak dijelaskan gimana cara ngebentuknya cuma ada fotonya doang, jadi aku kira-kira aja ya...bulatkan 25 gr adonan untuk badan  si turtle, buat 4 bentuk air mata untuk kaki, 1`air mata yang agak besar untuk kepala, dan 1 bentuk oval untuk ekor. Gabungkan semuanya dan rapikan. Transfer to a floured baking sheet. Cover them loosely with a tea towel and leave to rise in a warm place for about 1 hour or until doubled in size.
  • Brush with beaten egg and add currants for eyes.
  • Bake for 20 minutes or until golden brown.




    Catatan: Ternyata memasang mata juga tidak gampang...ketika adonan sudah mengembang susah nempelnya, dan ketika kita kutik-kutik adonan jadi berubah bentuk lagi...jadi mungkin sebaiknya pasang mata bersamaan ketika ngebentuk rotinya sebelum dikembangkan.


    source: Feeding your baby & toddler by Annabel Karmel

    2 comments:

    1. Alhamdulillah mba, berhasil...aku juga ga nyangka bisa bikin ginian... seneng bgt... :)

      ReplyDelete