Saturday 18 February 2012

Kue mangkuk tape ketan

Punya stock tape ketan, pengen dibikin apaaa gitu...nyari-nyari resep di internet, eh dapetnya dari dapurnya mba Hesti Saifuddin, temen di foodblogger Indonesia...ternyata mba Hesti pernah punya keinginan yang sama, memanfaatkan tape ketan, dibikinnya kue mangkok tape ketan. Sepertinya enak dan gampang, ikutan bikin ah... Dan ternyata bener, ga nyangka bikin kue mangkok secepat ini...thanks ya mba Hesti...






Bahan:
125 gr tape ketan hijau (aku pake tape ketan putih)
175 gr gula pasir (aku hanya pake 100 gr)
200 gr tepung beras
200 ml air pandan ( dari 3 lembar daun pandan --- aku + 15 daun suji )
100 gr tepung terigu
75 gr gula pasir
150 ml air
150 ml air soda manis (mis: sprite)
1 sdt baking powder
2 tetes pewarna hijau (aku tidak pake)
1/2 sdt garam


Cara membuat:
  1. Campur tape ketan dan gula. Blender halus. Sisihkan
  2. Campur tepung beras, garam, dan air pandan. Aduk sampai rata dan halus. sisihkan.
  3. Masak air dan gula sampai mendidih dan gula larut. Biarkan hangat. Tuang sedikit-sdikit ke dalam tepung terigu (dan baking powder ---aku) sambil diaduk terus hingga halus.
  4. Campur adonan tape dan tepung beras, aduk hingga licin. Campur dengan adonan terigu, aduk hingga rata. Tuang soda sedikit-sedikit sambil diaduk hingga rata. Saring adonan.
  5. Tuang ke dalam cetakan cucing (yang sudah terlebih dahulu dipanaskan di dalam kukusan) sampai penuh. Kukus selama 20 menit dengan panas tinggi. Beri jarak pada cetakan cucing agar mengembang sempurna.
  6. Angkat. Biarkan sebentar, sampai uapnya hilang. Keluarkan dari cetakan perlahan-lahan.




Mekarnya belum sesempurna kue mangkoknya mba Hesti. Mungkin karena aku terburu-buru memasukkan adonan sementara dandang dan cetakan belum panas maksimal. Jadi mekarnya tanggung deh. O iya, aku tidak pake pewarna hijau karena kupikir sudah ada daun suji tapi ternyata warnanya tetep pucat ya...


source: http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2010/12/kue-mangkok-tape-ketan.html

No comments:

Post a Comment