Friday, 17 February 2012

Roti isi ubi (Sweet Potato Bread)


Haa...menemukan foto lama ... Seingatku roti ini baking terakhir waktu kami masih tinggal di Perth, sekitar awal bulan desember 2011. Dibuat untuk bekal piknik akhir tahun di sekolah anakku sekalian dalam rangka menghabiskan stock sweet potato. Akhirnya sih ga jadi ikutan piknik tapi Alhamdulillah rotinya ludes...walaupun isiannya tidak seperti roti pada umumnya, coklat atau keju gitu... ternyata anak-anakku suka-suka aja tuh. Saya upload aja ya untuk ngisi blog yang lama terbengkalai ... he he... siapa tau setelah ini jadi semangat lagi masak dan ngisi ini blog... Bikinnya gampang banget, masih menggunakan resep biasanya. Resep dan cara membuat rotinya bisa di lihat di almond custard bread, hanya isiannya pake sweet potato.



Isiannya tetep pake resep dari home-baking, salah satu web favoritku. Resep aslinya menggunakan sweet potato yang ungu, tapi di sini aku pake yang biasa. 


200 gr sweet potato
20 gr gula pasir
20 gr starch syrup (saya pake simple sirup aja)


Kukus sweet potato, haluskan, campur dengan gula, aduk rata. Setelah agak dingin, bentuk bulat-bulat. Ambil 1 adonan roti, pipihkan, letakkan 1 isian, bulatkan lagi. Balik. Tekan tutup botol di tengah-tengah hingga tercetak lingkaran. Buat beberapa irisan mengelilingi lingkaran tersebut. Letakkan di atas loyang yang telah dialasi baking paper. Tutup dengan tea towel. Diamkan 45 - 60 menit. Olesi dengan kuning telur. Oven hingga matang.  


source: http://home-baking.net/english/bread/purple-an-bread.php