Wednesday, 26 October 2011

Sop kacang merah salmon



Ceritanya aku beli ikan salmon tuh yang utuh, satu tapi besar...jadi harus memotong dan memfillet sendiri...tersisa dong tulangnya...mau dibuang kok sayang ya, masih ada sedikit dagingnya yang nempel gitu ...masih bisa dimanfaatkan...he he...kita masukkan ke sop kacang merah aja ya, sebagai gantinya daging...secara anak-anak tuh doyan banget kacang merah...Dan ternyata enak aja tuh, tidak berasa amis...masaknya seperti sop kacang merah biasa aja...


Bahan:
Kacang merah, kalo pake yang kering harus direndam dulu semalam sampai mengembang.
2 buah wortel
Tulang salmon
1 liter air
1 bawang putih, cincang halus
1 bawang merah, cincang halus (sy pake bawang bombay :)
1 daun bawang
2 tomat
1 - 2 lembar daun salam
1 ruas jari lengkuas, memarkan
1 kayu manis batangan
garam dan merica sesuai selera
2 sdt air asam jawa
gula merah, iris halus (sy pake gula pasir) sesuai selera

Cara membuat:
Tumis bawang putih dan bombay sampai harum, masukkan air, beri semua bumbu, garam dan merica. Didihkan. Tambahkan kacang merah, masak sampai kacang lunak, tambahkan wortel dan tulang salmon, masak sampai semua matang. Masukkan daun bawang dan tomat. Aduk rata, cicipi rasanya, angkat.